Misteri Ring Nebula Akhirnya Terpecahkan


Siapa yang pertama kali melihat Ring Nebula? Misteri 238 tahun itu akhirnya terpecahkan. Ternyata Ring Nebula ditemukan oleh pemburu komet pada abad ke-18 bernama Charles Messier.

Dikenal juga sebagai Messier 57 (M57) atau NGC 6720, astronom Prancis, Antoine Darquier abad ke-18 juga sudah melakukan penelitian tentang Ring Nebula. Namun, astronom Donald Olson, seorang profesor fisika di Texas State University, dan Giovanni Maria Caglieris dari Italia mengevaluasi ulang catatan pengamatan yang diambil oleh Messier dan Darquier.

Pengamatan Messier pada 31 Januari 1779 mengatakan, dia melihat sebuah cahaya kecil berbentuk aneh di dekat komet Bode.

"Membandingkan komet dengan β Lyrae, saya mengamati di teleskop sebuah patch kecil cahaya. Sepetak cahaya ini berputar dan terletak di antara Lyrae γ & β," tulis Messier, seperti dilansir dari Fox News, Sabtu (6/5).

Patch cahaya ini sama dengan pengamatan Darquier yang diamati pada bulan Februari 1779. Meskipun Messier adalah orang pertama yang mendeteksi Ring Nebula, sejarah telah memberi penghargaan kepada Darquier sebagai pendiri.

"Dari persepsi keduanya, ada perbedaan yang membuat kebingungan, yang berasal dari bahasa creep dan kurangnya konteks," kata perwakilan Negara Bagian Texas.

"Pernyataan Messier merupakan dukungan dari Darquier sebagai orang pertama yang menemukan Ring Nebula pada abad ke-18. Sebagai alternatif, Messier bisa menggunakan 'discover' untuk memenuhi syarat pengamatan Darquier sebagai penemuan independen selanjutnya," tambahnya.

Catatan pengamatan Darquier, bersamaan dengan sebuah surat yang dikirim ke Messier pada bulan September 1779, mengonfirmasi bahwa dia bukanlah orang pertama yang mengamati dan merekam M57. Darquier mulai mengamati wilayah antara bintang β & γ Lyrae hanya setelah membaca pernyataan tentang pengamatan komet Messier.

Ring Nebula adalah salah satu dari daftar Messier yang terdiri dari 110 objek langit dalam, yang pada saat itu digunakan untuk menyediakan daftar benda untuk pemburu komet abad ke-18. Nebula ini terletak lebih dari 2.000 tahun cahaya dari Bumi di rasi Lyra dan berukuran 1 tahun cahaya (sekitar 6 triliun mil, atau 10 triliun kilometer

Source

0 Response to "Misteri Ring Nebula Akhirnya Terpecahkan"

Posting Komentar